Faperta IPB

132

Tutor Sebaya Sesi UAS Semester Ganjil 2015/2016

NEWS

Tutor Sebaya Sesi UAS Semester Ganjil 2015/2016

[boc_heading]Tutor Sebaya Sesi UAS Semester Ganjil 2015/2016 [/boc_heading]

Mengawali awal tahun 2016, pada hari Sabtu, 2 Januari 2016 bertempat di Koridor Pinus Fakultas Pertanian, Departemen Akademik dan Prestasi BEM Faperta 2016 Kabinet Sapa Tani mengadakan kegiatan belajar bersama civitas akademika angkatan 51 yang disebut Tutor Sebaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi teman-teman mahasiswa di dalam memahami kembali materi perkuliahan dan mempersiapkan Ujian Akhir Semester (UAS).

Kegiatan Tutor Sebaya terdiri atas 3 sesi mata kuliah yaitu Klimatologi, Pengantar Ilmu Tanah, dan Dasar-Dasar Agronomi. Mata kuliah yang dipilih merupakan mata kuliah interdepartemen dimana semua departemen di Fakultas Pertanian mendapatkannya di semester 3 ini. Mata kuliah Klimatologi dimulai pada pukul 08.30 WIB hingga 10.30 WIB dengan jumlah peserta yang datang sebanyak 28 mahasiswa dari 26 mahasiswa yang mendaftar. Pengajar di mata kuliah Klimatologi ini adalah Kak Budi dari GFM angkatan 49. Sedangkan pada mata kuliah Pengantar Ilmu Tanah dimulai pada pukul 10.45 WIB hingga 13.15 WIB dengan jumlah peserta sebanyak 26 mahasiswa dari 14 mahasiswa yang mendaftar. Pengajar di mata kuliah ini adalah Kak Gunawan dari MSL angkatan 48. Kemudian pada mata kuliah Dasar-Dasar Agronomi, meskipun dalam kondisi hujan kegiatan tetap berlangsung mulai pukul 14.00 WIB hingga 16.15 WIB bahkan dengan jumlah peserta lebih banyak hingga 33 mahasiswa dari 19 mahasiswa yang mendaftar. Pengajar di mata kuliah Dasar-Dasar Agronomi ini adalah Kak Eska dari AGH angkatan 49.

Secara keseluruhan pengajar memberikan review materi dengan metode yang cukup menarik antusiasme peserta melalui diskusi dan studi kasus. Hal ini terbukti dari banyaknya peserta yang bertanya dan keberhasilan peserta menjawab soal-soal tantangan dari pengajar. Evaluasi dari kegiatan ini adalah suasana belajar-mengajar yang kurang kondusif karena koridor terlalu ramai oleh banyak orang, penerangan yang gelap dan suara bising dari hujan, serta waktu kegiatan yang dimulai lebih lambat 30 menit dari seharusnya karena menunggu peserta datang.. Jumlah panitia yang hadir pada kegiatan ini adalah seluruh anggota Departemen Akademik dan Prestasi yang berjumlah 8 orang. Anggaran dana yang terpakai sebesar Rp 166.780,- untuk konsumsi pengajar dan panitia, bingkisan pengajar, dan penyewaan sarana prasarana. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan membantu meningkatkan prestasi mahasiswa

Document