All for Joomla All for Webmasters

Teaching Farm

Fakultas Pertanian IPB mempergunakan beberapa kebun percobaan untuk kegiatan praktikum dan penelitian tertentu. Adapun kebun percobaan tersebut antara lain:

  1. Kebun Percobaan Cikabayan (di bawah pengelolaan University Farm). Luas kebun Cikabayan saat ini sekitar 7 hektar. Di kebun percobaan ini Civa Faperta IPB dapat mengadakan praktikum dan penelitian Agronomi dan Hortikultura. Saat ini terdapat beberapa zona koleksi tanaman sebagai hasil penelitian dan praktikum, seperti koleksi tanaman durian, sawit, kopi, lidah buaya dan sukun. Pengelola kebun Cikabayan diserahkan kepada masing-masing Departemen ITSL, AGH, PTN, dan ARL.
  2. Kebun Pasir Sarongge (Teaching Farm Units) di bawah pengelolaan University Farm. Luas kebun Sarongge sekitar 7,1 hektar. Kegiatan di dalamnya adalah budidaya sayuran, packing house dan paket agrowisata.
  3. One Stop Garden Center AGROPROMO di bawah pengelolaan Departemen Agronomi dan Hortikultura. Agropromo berada di samping Kampus IPB Baranangsiang dan berfungsi sebagai tempat kultivar unggul buah, tanaman hias dan sarana produksi. Agropromo digunakan pula oleh mahasiswa untuk praktikum Hortikultura dan Kewirausahaan. Agropromo juga membuka konsultasi pertanian bagi masyarakat umum.
  4. Kebun percobaan Sindang Barang. Luas kebun Sindang Barang sekitar 6 hektar yang pengelolaannya oleh Departemen ARL.
  5. Kebun Percobaan Jonggol, dengan luas kebun 60 hektar digunakan untuk praktikum dan penelitian mahasiswa. Pengelolaan kebun di Jonggol oleh departemen AGH.
  6. Kebun percobaan Sukamantri, Ciapus dengan luas kebun 39,2 hektar pengelolaannya oleh Departemen AGH dan ARL.
  7. Kebun Percobaan Cikarawang, dengan luas kebun 1,5 hektar  yang dikelola oleh Departemen AGH dan PTN.
  8. Kebun percobaan  Babakan Sawah Baru, dengan luas 2 hektar dikelola ole Departemen AGH dan PTN.
  9. Kebun Percobaan Leuwikopo, dengan luas sekitar 2 hektar dikelola oleh Departemen AGH.
  10. Kebun Percobaan Pasir Kuda.
Translate »