All for Joomla All for Webmasters
Desa Binaan

Desa Binaan Fakultas Pertanian IPB dilaksanakan di empat Kabupaten di Jawa Barat yaitu Karawang, Subang, Sukabumi dan Purwakarta. Empat Kabupaten tersebut merupakan tempat pelaksanaan Program Upsus Pajale Kerjasama antara Fakultas Pertanian IPB dengan Kementerian Pertanian RI dan STPP Bogor.

Program (UPSUS) upaya khusus untuk mendukung swasembada pangan, padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabai dan tebu merupakan program yang dilaksanakan mahasiswa/alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan luar IPB periode sejak tahun 2015 sampai 2017. Pada tahun 2015 dan 2016 Desa Binaan Fakultas Pertanian IPB hanya di tiga Kabupaten, Karawang, Subang dan Sukabumi. Untuk tahun 2017 ditambah dengan Kabupaten Purwakarta. Laporan kegiatan UPSUS di tahun 2017  ini diwarnai program baru dari Kementrian Pertanian RI berupa luas tambah tanam (LTT)  dan Percepatan peningkatan populasi sapi induk wajib bunting (SIWAB).

Kegiatan Upsus Pajale dilakukan melalui rehabilitasi jaringan irigasi tersier dan kegiatan pendukung lainnya, antara lain pengembangan jaringan irigasi, optimasi lahan, pengembangan System of Rice Intensification (SRI), Gerakan Penerapan Pengolahan Tanaman Terpadu (GP-PPT), Optimasi Perluasan Areal Tanam Kedelai melalui Peningkatan Indeksi Pertanaman (PAT-PIP Kedelai), Perluasan Areal Tanam jagung (PAT jagung), penyediaan sarana dan prasarana pertanian (bibit, pupuk, pestisida, alat, dan mesin pertanian), pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), dan dampak perubahan iklim, asuransi pertanian serta pengawalan atau pendampingan (Kementan, 2015).

Translate »