Faperta IPB

Ajarkan Cinta Lingkungan, BEM Faperta IPB dan TBM Lentera Pustaka Lakukan Penanaman Pohon

IMG-20220522-WA0008
NEWS

Ajarkan Cinta Lingkungan, BEM Faperta IPB dan TBM Lentera Pustaka Lakukan Penanaman Pohon

Banyak cara untuk mengajarkan anak-anak mulai mencintai liingkungan, salah satunya dengan menanam pohon. Selain memperindah pemandangan, penanaman pohon atau penghijauan juga dapat mengatasi polusi udara dan mensuplai oksigen bagi manusia. Sadar akan pentingnya penanaman pohon, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Faperta IPB pada hari minggu (22/5/2022)  menggelar aksi “penanaman pohon hanjuang” bersama 60 anak Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka.

Dipimpin oleh Ferry serta 17 pengurus BEM Faperta IPB melakukan penanaman 50 pohon hanjuang serta melakukan edukasi tentang pentingnya reboisasi bagi lingkungan kita. setiap anak pembaca aktif  menanam satu pohon hanjuang di area Kebun Baca disaksikan Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka. Melalui penanaman pohon ini, anak-anak pembaca aktif pun diajak berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang asri. Karena penanaman pohon dapat membuat kualitas udara menjadi lebih bersih, mengurangi pemanasan global, meningkatkan kualitas air tanah, dan memperindah pemandangan. Seusai penanaman pohon, BEM Faperta IPB pun mengajak anak-anak taman bacaan bermain game tebak-tebakan berbagai jenis pohon.

Aksi penanaman pohon BEM Faperta IPB bersama anak-anak TBM Lentera Pustaka merupakan salah satu bentuk peran mahasiswa dan taman bacaan dalam menjaga lingkungan.  Utamanya agar area membaca anak-anak menjadi lebih hijau dan bersih. Hal ini pun menjadi bukti adanya kolaborasi antara kampus dengan taman bacaan di Bogor.

Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program, TBM Lentera Pustaka pun menyambut baik aksi penanaman pohon mahasiswa BEM Faperta IPB. Sebagai wujud kepedulian sosial mahasiswa kepada masyarakat.

“Aksi penanaman pohon ini penting untuk mengajarkan anak-anak akan pentingnya menjaga lingkungan. Ikut aktif menanam pohon. Agar kualitas udara jadi bersih dan indah dipandang mata, khususnya di area kebun baca TBM Lentera Pustaka.” ujar Syarifudin Yunus, saat acara penanaman pohon di TBM Lentera Pustaka.

Patut diketahui, BEM Faperta IPB telah bekerjasama selama 4 tahun untuk melakukan program kerja dan aksi sosial secara rutin dan terjadwal. Hal ini sebagai realiasasi pengabdian masyarakat dan kiprah sosial mahasiswa IPB di taman bacaan. Sementara TBM Lentera Pustaka saat ini menjadi tempat membaca 130 anak-anak usia sekolah yang berasal dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya).

Dengan koleksi lebih dari 10.000 buku bacaan, kini tiap anak mampu membaca 5-8 buku per minggu. Selain aktivitas taman bacaan, TBM Lentera Pustaka juga menjalankan program Gerakan Beranatas Buta Aksara (Geberbura), Kelas Prasekolah (Kepra), Ramah Difabel, Yatim Binaan (Yabi), Jompo Binaan (Jombi), Koperasi Simpan Pinja, dan Motor Baca Keliling (Mobake). TBM Lentera Pustaka dikenala sebagai taman bacaan paling komprehensif, di samping dikenal aktif menggelar program literasi yang menarik.

Aksi sosial BEM Faperta IPB di TBM Lentera Pustaka pun jadi simbol keterlibatan kampus dalam menegakan tradisi membaca dan budaya literasi masyarakat. Sebagai cermin pengabdian sosial mahasiswa. Salam literasi.

#BEMFapertaIPB #TBMLenteraPustaka #TamanBacaan