POB Praktikum

POB Praktikum

 

 

SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008

DEPARTEMEN AGRONOMI DAN HORTIKULTURA

FAKULTAS PERTANIAN

                     INSTITUT PERTANIAN BOGOR                     

 

 

 

PROSEDUR

PELAKSANAAN PRAKTIKUM PROGRAM SARJANA

(INTERNAL)

 

  1. DOKUMEN :  PSMAGH-13
  2. SALINAN     :

       STATUS DOKUMEN         :

 

Bogor,  9 Juni 2010

 

 

Dibuat oleh:

Ani Kurniawati, SP., MSi.

 

Tanda Tangan:

 

 

 

 

Diperiksa oleh:

Dr. Ir. Ahmad Junaedi, MSi.

Wakil Manajemen

 

 

Tanda Tangan:

 

 

 

 

Disetujui oleh:

Dr. Ir. Agus Purwito, MSc.Agr.

Ketua Departemen

 

 

Tanda Tangan:

 

  1. TUJUAN

Sebagai pedoman dalam pelaksanaan praktikum, khususnya pada mata kuliah S1 yang diasuh secara internal di Departemen Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor, agar tercapai tujuan instruksional umum yang telah ditetapkan pada setiap mata kuliah.

 

  1. RUANG LINGKUP

Prosedur operasi baku ini berlaku mulai dari persiapan, pelaksanaan,  hingga evaluasi kesesuaian pelaksanaan praktikum dengan Satuan Acara Praktikum  yang telah disusun untuk mencapai tujuan instruksional umum.

 

  1. ISTILAH DAN DEFINISI
    • Praktikum adalah kegiatan belajar mengajar yang menekankan pada aspek psikomotorik (keterampilan), kognitif (pengetahuan) dan afektif (sikap) yang dijadwalkan DAP. Dalam kegiatan ini, dosen dapat dibantu oleh asisten mahasiswa dan laboran/tekhnisi. Praktikum dalam kurikulum Departemen AGH dapat berupa praktikum lapangan, praktikum laboratorium, praktikum di kelas, gabungan praktikum lapangan dan kelas, dan responsi.
    • Satuan Acara Praktikum merupakan catatan mengenai tujuan instruksional khusus yang ingin dicapai pada setiap tatap muka, susunan pokok bahasan yang diberikan, serta kegiatan yang dilaksanakan.
    • SKS (Satuan Kredit Semester) adalah ukuran yang digunakan untuk menyatakan besarnya beban penyelenggaraan pendidikan dan beban studi mahasiswa dalam satu semester, sekaligus sebagai pembobot tingkat keberhasilan mahasiswa dalam kegiatan akademik selama satu semester.
    • Berita Acara Praktikum adalah laporan pelaksanaan praktikum yang berisi pokok bahasan/sub pokok bahasan, waktu pelaksanaan, dan kegiatan yang diberikan pada setiap tatap muka, ditandatangani oleh dosen dan wakil mahasiswa..
    • Asisten Praktikum adalah Mahasiswa yang memenuhi persyaratan pendidikan dan keahlian yang ditugaskan oleh koordinator mata kuliah untuk membantu dalam kegiatan praktikum.
    • Dosen Praktikum adalah Dosen yang berdasarkan persyaratan pendidikan dan keahliannya ditugaskan Bagian untuk mengajar praktikum.
    • Teknisi Lapangan adalah Tenaga kependidikan yang berdasarkan pendidikan dan keahliannya bertugas membantu dosen dan asisten dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan praktikum di lapangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. BAGAN ALIR KEGIATAN
    • Persiapan Praktikum
    • Pelaksanaan Praktikum
    • Evaluasi Pelaksanaan Praktikum
  2. URAIAN KEGIATAN
NO. URAIAN KEGIATAN PENANGGUNG JAWAB DOKUMEN TERKAIT
5.1 Persiapan Praktikum    
5.1.1 Menerima jadwal kuliah/ praktikum dan SK penugasan mengajar Koordinator M.K dan Tim Dosen Jadwal Kuliah/ Praktikum dan SK Penugasan
5.1.2 Menyiapkan materi praktikum

Catatan :

SAP

Tata tertib

Kontrak Praktikum

Panduan/Pedoman Praktikum

Koordinator M.K dan Tim Dosen SAP,

Tata tertib Praktikum,

Panduan Praktikum

5.1.3 Mengidentifikasi jadwal praktikum

Catatan:

Jumlah mahasiswa

Waktu praktikum

Koordinator M.K dan Tim Dosen Jadwal praktikum
5.1.4 Merekrut asisten praktikum Koordinator M.K atau Dosen P.J Praktikum Pengumuman perekrutan asisten
5.1.5 Membagi mahasiswa ke dalam kelompok praktikum dan mengumunkan hasil pembagian kelompok Koordinator M.K dan Tim Dosen Pengumuman Kelompok Praktikum
5.1.6 Mengusulkan kebutuhan praktikum mata kuliah :

–       Lokasi : Lahan dan atau laboratorium kepada Koordinator Pengelolaan Sarana Pendidikan

–       Biaya Bahan praktikum kepada Sekretaris Bidang Sumberdaya, Bisnis, dan Kerjasama

Catatan : Pengusulan berdasarkan data jumlah mahasiswa atau estimasi jumlah mahasiswa

Koordinator M.K atau Dosen Penanggung jawab praktikum –    Formulir pemesanan lahan/laboratorium dan atau alat

–  Usulan biaya kebutuhan bahan habis

5.1.7 Menerima Biaya kebutuhan praktikum dan informasi lokasi praktikum Koordinator M.K atau Dosen Praktikum Tanda terima
5.2 Pelaksanaan Praktikum    
5.2.1 Membuat dan menyampaikan Kontrak praktikum, tata tertib, dan panduan praktikum  kepada mahasiswa pada pertemuan pertama Koordinator Mata Kuliah Kontrak praktikum

Tata tertib praktikum,

Panduan praktikum

5.2.2 Menegakkan ketertiban

–       Memeriksa absensi mahasiswa

–       Mengumpulkan bukti ketidakhadiran

–       Menerapkan tata tertib sesuai dengan tata tertib kehidupan kampus dan atau tata tertib praktikum

Dosen dan atau asisten praktikum Daftar hadir mahasiswa

Surat izin

Surat sakit

Tata tertib Praktikum

5.2.3 Menjelaskan materi praktikum yang sedang berjalan Dosen dan atau asisten praktikum SAP Praktikum dan Panduan Praktikum
5.2.4 Mengarahkan atau memandu praktikan selama kegitan praktikum Asisten Praktikum Panduan Praktikum dan atau logbook praktikum
5.2.5 Mengisi berita acara praktikum

 

Dosen Berita acara praktikum
5.2.6 Mengisi daftar hadir Asisten Praktikum Daftar Hadir Asisten/BAP
5.2. Evaluasi Pelaksanaan Praktikum
5.3.1 Membuat Rekapitulasi Berita Acara Praktikum :

–       Topik bahasan dan lama pertemuan

–       Jumlah kehadiran dosen/ asisten

–       Daftar kehadiran mahasiswa

Staf Administrasi Akademik Rekapitulasi BAP Praktikum
5.3.2 Menyampaikan hasil rekapitulasi berita acara praktikum kepada Kepala Bagian terkait Ketua Program Sarjana Rekapitulasi berita acara praktikum
5.3.3 Melakukan evaluasi kesesuaian pelaksanaan praktikum dengan SAP dan kontrak praktikum

Catatan: Mata kuliah yang diampu oleh Departemen dikelola oleh Sekretaris Bidang Pendidikan dan Fasilitas Pendidikan

Kepala Bagian Terkait Rekapitulasi BAP

SAP

Kontrak praktikum

5.3.4 Menyerahkan hasil evaluasi kepada Ketua Program Studi Kepala Bagian Terkait Laporan/ form evaluasi
5.3.5 Mengusulkan SK Dekan Dosen Pelaksana Praktikum dan Sertifikat Asisten Ketua Departemen Draf SK Dekan, Sertifikat Asisten
5.3.6 Melaporkan hasil pelaksanaan evaluasi kepada Ketua Departemen Ketua Program Studi Laporan hasil evaluasi
5.3.7 Menerima laporan dan menindaklanjuti hasil/ evaluasi pelaksanaan praktikum Ketua Departemen Laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Praktikum dan Tindaklanjutnya

 

  1. LAMPIRAN

Tidak ada