Green Kampus IPB: Sosialisasi Pengolahan Sampah 3R dan Konservasi Air di Fakultas Pertanian

Tim Green Kampus IPB melakukanan kegiatan roadshow Sosialisasi Pengolahan Sampah di unit Kerja Fakultas Pertanian IPB, Jumat (13/3) di Ruang Sidang Faperta. Acara tersebut dihadiri sejumlah Pimpinan Fakultas, Ketua Departemen, Kepala Tata usaha, dan sejumlah Mahasiswa yang mewakili BEM dan HIMPRO serta petugas Kebersihan Fakultas Pertanian.

IPB University telah berpartisipasi dalam penilaian UI Green Metric World University Rankings (UIGMWUR) sejak tahun 2010. Pada tahun 2018 dan 2019, IPB menempati ranking 40 dunia. Di Indonesia IPB University menduduki ranking ke-2 setelah Universitas Indonesia. UIGMWUR merupakan pengakuan dunia terhadap praktek-praktek keberlanjutan di perguruan tinggi, yang sejalan dengan indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Di IPB University, konsep keberlanjutan direalisasikan dalam program green campus yang sudah dijalankan sejak tahun 2015.

Sebagai komitmen bersama dalam mendukung Program Green Campus di IPB, Dr Ir Aceng Hidayat, M.T selaku Ketua Tim Implementasi Green Campus IPB University mengatakan  program Pengolahan sampah merupakan salah satu tujuan perubahan untuk membangun kesadaran dan tindakan kolektif sesuai dengan SK Rektor No. 205/IT3/LK/2015 tentang pelaksanaan gerakan Green Campus di Lingkungan IPB. “Mengacu salah satu tujuh kriteria Green Campus IPB yakni manajemen limbah dengan fokus pada tantang terberat yaitu sampah.” Ungkapnya.

Edukasi membangun kesadaran bahwa, sampah bagian dari kehidupan kita dan mengelola sampah merupakan kewajiban kita. Disamping pengelohan sampah, ada nilai ekonomi dari sampah yang kita hasilka dan juga sesuai dengan pendekatan 3R : Realisasi Circular Economy.

Selanjutnya menurut Dr Ir Ahmad Junaedi, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Pertanian mengatakan bahwa mendukung pelaksanaan gerakan Green Campus di Fakultas Pertanian seperti pemilahan sampah sudah berjalan di Faperta seperti program bank sampah atau seperti yang dilakukan mahasiswa BEM kami dengan kegiatan Faperta Tumpah,  mengajak seluruh civitas IPB untuk peduli terhadap sampah plastik, yaitu dengan menukarkan sampah dua buah botol plastik air mineral ukuran 600 ml dan satu buah botol ukuran 1500 ml dengan berbagai hadiah menarik yang telah disediakan.

Disamping itu, Bambang Kuntadi, S.P., M.M. dan Tim Teknis Green Campus IPB University menjelaskan konsep 3R yang akan diterapkan yaitu Reduce, Reuse dan Recycle mereduce timbulan sampah dengan membawa tumbler, tempat makan (paperless). Reuse : Pemanfaatan kembali sampah dengan contoh menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis dan membawa tas belanja dari kain daripada plastik. Recycle : Pengolahan sampah menjadi produk lain. Contoh, biogas, pupuk cair dan pupuk padat.

Keyword : #greencampus #UIGMWUR#Pengolahansampah