Faperta IPB University Kembali Perkuat Kerjasama dengan Kabupaten Bulungan

Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University, Dr Ir Suwardi MAgr kembali menandatangani kerjasama dengan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur pada Kamis (27/2) di Ruang Sidang Faperta, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Tahun sebelumnya, Faperta IPB University dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan telah menyepakati beberapa kerjasama diantaranya pembangunan pertanian di daerah tersebut.

“Kerjasama ini merupakan perpanjangan kerjasama tahun sebelumnya supaya program-program tahun lalu bisa dilanjutkan tahun ini,” ungkap Dr Suwardi.  Ia pun berharap, Pemkab Bulungan dapat segera mengirimkan putra-putri terbaiknya untuk belajar di IPB University melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Dengan demikian, para mahasiswa tersebut dapat membantu mempercepat pembangunan di Kabupaten Bulungan.

 

 

 

Terkait dengan kampus merdeka, ia mengungkapkan, mahasiswa yang kuliah di IPB University dapat bekerjasama dengan pemda, perusahaan, maupun industri untuk melakukan kegiatan di masyarakat selama dua semester atau satu tahun.

“Saya kira Fakultas Pertanian IPB University memiliki kompetensi untuk membuat peta kesesuaian lahan per wilayah komoditas, misalkan komoditas kopi, padi, kakao maupun komoditas lainnya. Nah nanti para mahasiswa bisa membantu untuk membuat rancangannya,” ungkap Dr Suwardi.  Dengan memetakan potensi wilayah tersebut, diharapkan Pemkab Bulungan mampu mengembangkan pertanian di daerahnya. Di samping itu, dengan adanya pemetaan tersebut dapat memudahkan para peneliti dalam mengembangkan keilmuwannya.

Sementara itu, Bupati Bulungan, Sudjati menyampaikan kerjasama ini sesuai dengan visi dan misi Pemkab Bulungan yang berusaha menjadi pusat pangan yang berbasiskan nursery pada tahun 2021.   “Oleh karena itu kami menjalin kerjasama dengan berbagai pihak salah satunya dengan Faperta IPB University. Mudah-mudahan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ungkap Sudjati.

Ia menerangkan, sampai saat ini Pemkab Bulungan telah berusaha meningkatkan pembangunan pertanian dengan menanam kakao dan kopi sebanyak 1500 hektar. Di samping itu pihaknya juga telah membangun nursery kurang lebih 80 hektar. Pada tahun ini, pihaknya juga akan membuka kawasan rawa sebagai lahan produktif sehingga visi sebagai pusat pangan dapat terwujud.

Beberapa program kerjasama yang akan dilakukan antara Faperta IPB University dengan Pemkab Bulungan pada tahun ini antara lain adalah pengujian budidaya cabai, padi dan bawang merah, pendampingan pendaftaran varietas lokal Padi  Ikan, kajian klaster pangan dan hortikultura serta pendampingan benchmarking klaster pangan. (RA)

Keyword: Faperta IPB, pertanian, Bulungan, BUD