All for Joomla All for Webmasters

Kuliah perdana mata kuliah Politik Pertanian (FPA 401) periode 2021/2022 telah dilaksanakan pada hari Jumat, 20 Agustus 2021. Politik Pertanian merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Fakultas Pertanian, IPB University di semester 7. Sebanyak 406 mahasiswa, 15 tim dosen pengajar, dan 12 tim asisten hadir secara virtual di dalam pertemuan ini. Pertemuan berlangsung selama kurang lebih 2 jam, dimulai dari pk 13.00 – 15.00 WIB. Kuliah perdana kali ini secara garis besar berisikan penyampaian silabus dan tata tertib mata kuliah serta materi perdana Politik Pertanian yaitu Pembangunan Pertanian.

Acara dipandu oleh saudara Irfan Rabani (Agronomi 54) yang merupakan salah satu tim asisten pada tahun ini. Acara dibuka dengan sambutan dari bapak Dr. Ir. Sugiyanta, M.Si selaku Dekan Fakultas Pertanian, IPB University. Setelah itu, sambutan berikutnya datang dari Bapak Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr selaku Koordinator Mata Kuliah Politik Pertanian. Beliau kemudian langsung memaparkan RPSS (Rancangan Pembelajaran Satu Semester) mata kuliah Politik Pertanian kepada para mahasiswa. Tak lupa beliau juga turut memperkenalkan 10 asisten yang akan membantu selama proses pelaksanaan kuliah. Pada tahun ini terdapat 5 paralel kelas kuliah yang telah dibagi secara merata dari segi jumlah mahasiswa, gender, dan asal departemen.

Pemaparan selanjutnya merupakan materi perdana yang juga disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr mengenai Pembangunan Pertanian. Beberapa poin penting yang disampaikan beliau dalam kuliah perdana ini diantaranya definisi pembangunan pertanian, sejarah pergeseran paradigma pembangunan pertanian, apa itu developed countries dan developing countries serta pentingnya pembangunan pertanian dalam proses pemenuhan kebutuhan masyarakat Indonesia. Materi yang disampaikan sangat menarik perhatian para mahasiswa yang hadir di dalam kuliah perdana kali ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya 9 orang mahasiswa yang aktif berdiskusi dan mengajukan pertanyaan di dalam sesi diskusi.

Acara ditutup oleh MC setelah mengakhiri sesi diskusi materi. Namun sebelum itu sesi dokumentasi bersama menjadi kewajiban yang tidak boleh terlewat di dalam pertemuan virtual seperti ini. Semoga kuliah perdana kali ini dapat menjadi suntikan semangat di awal rangkaian pertemuan kuliah Politik Pertanian bagi mahasiswa dan semoga mahasiswa Fakultas Pertanian dapat semakin kritis dan berani berpendapat demi kemajuan Pertanian Indonesia.

Leave A Comment

Translate »