All for Joomla All for Webmasters

Kondisi pandemi yang membatasi segala aktivitas kampus tidak mematahkan semangat para panitia Mahakarya Faperta 2020 untuk tetap menyelenggarakan acara seperti sebagaimana mestinya. Mahakarya Fakultas Pertanian (Faperta) merupakan ajang penganugerahan tahunan kepada segenap civitas akademika Fakultas Pertanian yang terdiri dari dari dosen, staff, mahasiswa, hingga himpunan dan organisasi mahasiswa. Pada acara ini juga dilakukan pemilihan akang dan teteh dari setiap departemen di Faperta yang nantinya akan dinobatkan sebagai Akang dan Teteh Faperta 2020.

Penilaian akang dan teteh telah terlaksana pada hari Rabu, (4/11) 2020 yang mengikutsertakan Adi Poernomo, Duta IPB Fakultas Pertanian angkatan 4 dan Fadia Ganafi, Duta FKIP Universitas Tirtayasa. Acara tersebut berlangsung sangat meriah dan dihadiri kurang lebih 200 partisipan. Finalis Akang dan Teteh masing-masing departemen memaparkan materi tentang “Pembukaan Lahan Baru di  Kalimantan Tengah” dan kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab.

Rangkaian Mahakarya Faperta dilanjutkan dengan Puncak Mahakarya 2020 yang mengusung tema Cinema dengan tagline “Menjujung Apresiasi, Mencetak Prestasi!”. Acara puncak ini telah terlaksana pada hari Sabtu (7/10) 2020 secara langsung melalui Video Conference dan YouTube Mahakarya Faperta yang dihadiri oleh lebih dari 350 partisipan. Sesuai tema yang diusung, panitia pada acara tersebut menyuguhkan sensasi seperti menonton bioskop kepada partisipan. Film-film yang ditampilkan berasal dari masing-masing departemen yang bertemakan fantasi. Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan menampilkan video kreasi bertema Disney; Agronomi Hortikultura bertema Jumanji; Proteksi Tanaman bertema Hansel and Gretel: Witch Hunter; dan Arsitektur Lanskap bertema Harry Potter. Acara ini juga diikuti dengan penampilan dari setiap departemen serta yang paling utama ialah awarding.

 

Awarding dilakukan dengan penilaian kuantitatif berdasarkan data dari komisi kemahasiswaan, komisi pendidikan, komisi tata usaha dan voting mahasiswa. Terdapat 4 kategori nominasi dosen, 3 kategori nominasi staff, 8 kategori nominasi mahasiswa dan 6 kategori nominasi organisasi mahasiswa dengan total 48 pemenang dari berbagai departemen. Acara dilanjutkan dengan pengumuman hasil penilaian akang teteh dan tim sukses terbaik. Terpilih Daniel Damaz Hadiwijaya dan Anindya Rani Kirana sebagai Akang dan Teteh Fakultas Pertanian 2020 dari Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan serta Himpunan Mahasiswa Arsitektur Lanskap (Himaskap) sebagai tim sukses terbaik.

Respon positif didapatkan dari berbagai pihak, salah satunya Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Sugiyanta, M.Si. Beliau mengatakan, “Prestasi ini memberikan inspirasi dan semangat untuk bekerja keras dalam bidangnya masing-masing untuk mencapai visi misi Fakultas Pertanian”.

Perwakilan pemenang nominasi kategori Pioneer of Dedication, Ir. Adolf Pieter Lontoh, M.S. dalam pidatonya merasa sangat senang dan mengapresiasi BEM Fakultas Pertanian dan panitia yang telah bekerja keras mengadakan Mahakarya 2020. Beliau mengatakan, “Penghargaan ini dapat menjadi pendorong atau semangat untuk lebih baik lagi pada masa depan.”

Kendala memang tak bisa dipungkiri selama proses pengusungan acara, akan tetapi panitia dapat membuktikan bahwa pandemi bukanlah penghalang untuk tetap mengapresiasi berbagai bentuk prestasi dari civitas akademika Fakultas Pertanian.

“Pandemi ini tidak menghalangi kita untuk berinovasi dan berkreasi,” ujar Yoga Arif Pambudi selaku ketua pelaksana.

Segenap panitia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh partisipan melalui penayangan video penutup.

Leave A Comment

Translate »