All for Joomla All for Webmasters

Welcome to Faperta IPB

Message from the Dean

Memasuki abad 21, tantangan bidang pertanian menjadi sangatbesar dalam upaya penyediaan pangan, energi, papan, pakan,biofarmaka dan bahan baku industri untuk kenyamanan hidup manusia. Untuk mewujudkan itu, Fakultas Pertanian memegang peranan yang sangat penting dalam bidang pengembangan sumberdaya manusia. Pengembangan ilmu dan teknologi melalui penelitian dan aplikasi teknologi di lapang melalui pengembangan pada masyarakat. Sektor pertanian memegang peranan yang sangat penting bagi perekonomian negara. Sejarah telah mencatat, pada saat terjadi krisis ekonomi hanya pertanian yang masih dapat tumbuh dan bertahan.

Pada saat ini pertanian relative mengalami stagnan sehingga perlu dikembangkan visi yang tepat dalam memperbaiki posisi dalam perekonomian nominal. Pertanian masa depan harus berdasarkan pada pertanian yang tangguh dan moderen berbasis pengelolaan sumberdaya alam dan genetik secara berkelanjutan yang menjamin ketahanan, keamanan, dan mutu pangan. Fakultas Pertanian dapat berperan dalam penghasilan terobosan teknologi di bidang pertanian . Fakultas Pertanian memegang peranan yng sangat penting dalam pengembangan dan peningkatan produksi pangan seperti padi, jagung, dan kedelai; perkebunan seperti kelapa sawit, karet, kakao; serta tanaman hortikutura yang mencangkup buah-buahan, sayuran, dan bunga sangat penting. Fakultas Pertanian mengembangkan bidang yang sangat-sangat strategis melalui pemuliaan tanaman. Peningkatan mutu benih, budidaya pertanian, teknologi pupuk dan pemupukan, teknologi tanah, perlindungan hama dan penyakit, serta penataan ruang.

Untuk mengatasi permasalah di bidang pertanian, peningkatan kualitas sumberdaya manusia mendapat porsi yang sangat penting. Fakultas Pertanian IPB mendidik dan mempersiapkan sumberdaya manusia yang handal dan mampu menjawab tantangan masa depan pertanian Indonesia.

Dr. Ir. Agus Purwito, MSc.Agr

Translate »