All for Joomla All for Webmasters

Himpunan Alumni

Alumni Fakultas Pertanian tersebar di berbagai lembaga swasta dan pemerintah dengan ruang lingkup kerja yang beragam dan tersebar di berbagai tempat baik di Indonesia maupun di luar negeri. Alumni yang kompak dan sukses merupakan cermin dari almamaternya.  Dalam pemeringkatan perguruan tinggi sebagai world class university, keberhasilan alumni merupakan salah satu kreteria yang memiliki bobot yang cukup tinggi.  Pengalaman bertahun-tahun menunjukkan bahwa alumni umumnya sangat peduli terhadap berbagai permasalahan di almamater, baik terkait dengan kegiatan kemahasiswaan, kerjasama dan peningkatan kualitas perguruan tinggi secara keseluruhan. Oleh karena itu perlu melakukan penguatan jejaring alumni.  Strategi yang dilakukan dalam penguatan jejaring alumni adalah: (1) Menjalin hubungan dengan alumni sehingga diperoleh jalinan kerjasama yang saling menguntungkan untuk pelaksanaan Tridharma dan kegiatan kemahasiswaan, (2) Memperkuat jejaring alumni melalui kegiatan yang spesifik dan berbasis kepakaran secara kontinyu sehingga dapat memperkuat keunggulanFaperta di bidang pertanian, (3) Mengembangkan pola-pola long life education bagi alumni.

Pembentukan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian (IKA Faperta) Periode 2016-2020

Alumni merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari almamater. Salah satu pokok ikrar alumni yang dibaca saat wisuda berisi setiap peserta berkewajiban menjaga hubungan harmonis keluarga besar dan menjaga nama baik almamater. Karena mahasiswa yang telah lulus studi masih ada keterkaitan yang erat antara dosen, teman maupun lembaga perguruan tingginya.

Pada tahun 2012, Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian telah berhasil melaksanakan acara Silaturahmi Alumni (SALAM) Fakultas Pertanian yang pertama dengan agenda utama yaitu musyawarah pemilihan ketua IKA Faperta periode 2012-2016 dan telah terpilih Dr. Bayu Krishnamurti sebagai Ketua IKA Faperta untuk periode 2012-2016. Beberapa pencapaian program selama  beliau mengemban tugas sebagai ketua IKA Faperta adalah kepedulian alumni faperta terhadap adik-adik angkatannya, khususnya dalam bentuk beasiswa, selain itu program SABISA Farm yang diharapkan menjadi role model yang akan menjadi wadah untuk mencetak  para wirausaha muda IPB.

Temu alumni ini dalam rangka laporan pertanggungjawaban ketua IKA periode 2012-2016 serta pemilihan ketua IKA Faperta periode 2016-2020 dan yang terpilih yaitu Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr. Selain itu, temu alumni ini dapat menjadi ajang reuni bagi alumni sehingga dapat dijadikan momentum untuk kembali merajut  tali persaudaraan satu fakultas, menjaga keharmonisan antara fakultas pertanian dengan alumninya dan membentuk jaringan alumni yang kuat. Jika Ikatan Alumni Faperta ini kuat maka akan terjadi peningkatan kepedulian alumni faperta terhadap adik-adik angkatannya, baik itu dalam bentuk beasiswa ataupun informasi dunia kerja.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 30 April 2016 di IPB International Convention Centre (IICC), Botani Square, Bogor pukul 08.00-15.00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai lintas Alumni Fakultas Pertanian seperti Alumni Fakultas Pertanian Universitas Indonesia-Institut Pertanian Bogor (FP UI-IPB), Sosial Ekonomi (Sosek), Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK), Ilmu Tanah/Manajemen Sumberdaya Lahan/Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan (ITSL), Agronomi/Budidaya Pertanian/Agronomi dan Hortikultura (AGR/BDP/AGH), Hama dan Penyakit Tanaman/Proteksi Tanaman (HPT/PTN), Arsitektur Lanskap (ARL), serta Alumni Pascasarjana di Fakultas Pertanian IPB. Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh tamu undangan dari pihak kampus maupun luar kampus. Total peserta yang hadir saat acara Salam Faperta ini berlangsung berjumlah 709 orang.

IKA Faperta saat ini sudah mempunyai legalitas berupa akta notaris dan SK dari Kemenkumham, selain itu pembutan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan surat keterangan domisili yang berpusat di Gedung Fakultas Pertanian, Jalan Meranti Kampus IPB Dramaga Bogor 16680.

Rapat Kerja Nasional IKA Faperta Periode 2016-2020

Sebagai awal dari terbentuknya pengurus IKA Faperta periode 2016-2020 maka dilaksanakan kegiatan rapat kerja nasional yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2016 yang bertempat di Gedung Himpunan Alumni IPB pukul 09.00 – 13.00 WIB. Agenda acara pada pembentukan rapat kerja nasional IKA Faperta ini yaitu menetapkan susunan pengurus IKA Faperta untuk periode satu tahun kemudian dilanjutkan dengan membahas program kerja masing-masing divisi. Berikut susunan pengurus IKA Faperta untuk periode satu tahun pertama pada Lampiran 3.

Beberapa program kerja yang akan menjadi fokus untuk IKA Faperta antara lain : Beasiswa IKA Faperta, Sabisa Farm, Pembentukan unit bisnis dan lembaga sertifikasi, Pembuatan kartu anggota, IKA Faperta Award, Band IKA Faperta, Aplikasi IKA Faperta dalam bentuk android dan apple store.

Translate »