All for Joomla All for Webmasters

Dalam rangka meningkatkan pemahaman secara teoritis maupun penerapan dalam mengelola data, Fakultas Pertanian mengadakan Pelatihan Penyusunan Database dan Pengolahan Data yang difasilitasi oleh SDM IPB bersama Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD). Pelatihan diberikan kepada para Kepala Tata Usaha Fakultas dan Departemen, serta petugas pengelola data Fakultas dan Departemen di (21/11)  di Auditorium Toyib Hadiwijaya. 

Di Era baru revolusi industri 4.0 seiring perkembangan teknologi kini mengubah proses semakin mudah  apalagi dalam hal mengakses maupun menginput data. Dekan Fakultas Pertanian Dr. Suwardi dalam sambutannya mengatakan dalam hal menginput data jika dilakukan dengan tertib dengan sistem informasi yang terintegrasi dengan baik maka akan menjadikan IPB lebih hebat.  

“sistem yang terinformasi dengan melakukan kegiatan seperti pelaporan dan mengakses data kita akan cepat bisa ambil data dan tidak sulit untuk mencarinya.”Ungkapnya

Informasi lain mengenai pelatihan tersebut bertujuan untuk menyajikan laporan dalam hal program informasi terintegrasi antara mahasiswa, dosen dan pengelola data. Selain itu menurut narasumber Direktur DSITD Ir. Julio Adisantoso, M.Kom dalam pemaparannya menjelaskan bahwa IPB sudah mempersiapkan aplikasi – aplikasi yang mempermudah proses seperti salah satu contoh dalam mengatur jadwal kuliah dan absensi  kini bisa diakses dari ponsel mahasiswa dan pengelola data bisa memantau dengan baik. 

Kemudian dalam hal surat menyurat kini tidak lagi banyak menggunakan kertas, surat hanya satu lembar selebihnya hanya data yang sudah tersimpan dengan aman. Dalam memahami sistem informasi tersebut menurut narasumber lainnya, Dean Apriana Ramadhan dosen Ilmu Komputer IPB mengatakan dalam program aplikasi dan pengelolaan data di tingkat Universitas kini sudah tidak lagi dengan cara konvensional, cara baru dalam percepatan mengumpulkan data dan menyebarkan informasi bisa fleksibel dan sangat memangkas waktu.

 

Leave A Comment

Translate »