All for Joomla All for Webmasters

Lulusan Terbaik Program Sarjana Fakultas Pertanian 2019/2020

Saya merupakan lulusan dari SMA 9 Kabupaten Garut, alasan saya memilih Departemen Manajemen Sumberdaya Lahan Fakultas pertanian karena menurut saya kehidupan manusia dan makhluk lainnya di bumi sangat bergantung pada lahan, sehingga perlu adanya pengelolaan secara berkesinambungan supaya menghasilkan produksi yang optimal dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungannya.

Banyak ilmu menarik yang dapat dipelajari di jurusan manajemen sumberdaya lahan seperti pengembangan sumberdaya fisik lahan, kimia dan kesuburan tanah, bioteknologi tanah, konservasi tanah dan air, penginderaan jauh dan informasi spasial, serta perencanaan dan pengembangan wilayah.

Belajar di Fakultas Pertanian sangat berkesan bagi saya karena belajar tidak hanya di kelas, tetapi juga di laboratorium dan di lapang. Belajar di Fakultas Pertanian juga mengajarkan saya untuk terbiasa mandiri maupun bekerjasama, menjadi pribadi yang tangguh, dan senantiasa menikmati setiap proses yang dilakukan. Selain itu, kekeluargaan yang sangat kuat di Fakultas Pertanian membuat saya seperti berada di rumah sendiri.

Prinsip hidup saya adalah selalu berusaha agar segala sesuatu yang saya lakukan dapat menjadi manfaat untuk banyak orang. Diterimanya di IPB sebagai perguruan tinggi yang mencari dan memberi terbaik membuat saya tertantang untuk menjadi insan yang selalu berintegritas dan membawa nama baik IPB di tingkat nasional maupun internasional.

Setiap orang mempunyai cara nyaman belajar yang berbeda-beda sehingga perlu kenali terlebih dahulu cara belajar yang cocok untuk diri sendiri. Kebiasaan yang saya lakukan selama ini adalah membaca dan memahami terlebih dahulu garis besar materi yang akan dipelajari di kelas sehingga ketika menemukan hal yang kurang dimengerti, dapat ditanyakan saat kuliah. Selain itu selalu melakukan review materi-materi sebelumnya. Hal yang tidak kalah penting adalah belajar bersama atau diskusi. Jangan lupa selalu berdoa dan memohohon do’a dari orang tua.

Leave A Comment

Translate »