All for Joomla All for Webmasters

Field Trip Mahasiswa Asing : Mengenal Kearifan Lokal di Kampung Kebudayaan Cinangneng

Sebanyak delapan mahasiswa internasional mengikuti kegiatan field trip yang diselenggarakan Fakultas Pertanian (13/10). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap semester yang diperuntukkan bagi Mahasiswa Internasional yang mengikuti Student Exchange Program, Asean International Mobility Of Students (AIMS) dan Double Degree Program di Lingkungan Fakultas Pertanian. Field trip tersebut dilakukan sebagai salah satu sarana edukasi dan pertukaran budaya dengan mengunjungi Kampoeng Budaya Cinangneng.

Sebelum kegiatan ini berlangsung acara dibuka terlebih dahulu oleh Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan (Dr. Ahmad Junaedi, MSi) kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan sarapan bersama. Hal ini bertujuan agar mahasiswa Internasional dapat mengenal makanan tradisional Indonesia khususnya.

Kunjungan ke Kampoeng Budaya Cinangneng uniknya dilakukan dengan menaiki angkot. Hal ini juga bertujuan memberikan pengalaman serta memperkenalkan salah satu moda transportasi publik yang biasa digunakan di Bogor. Di Kampoeng Budaya Cinangneng, peserta melakukan beberapa aktivitas seperti, tour keliling kampung penduduk yang mayoritas menjual souvenir hasil kerajinan tangan mereka, menanam padi di sawah dengan teknik nandur (menanam mundur), memandikan kerbau di sungai, membuat makanan dan minuman tradisional (kembang goyang dan wedang jahe), membuat boneka dari daun singkong, bermain alat music tradisional (gamelan, gendang dan gong) dan tentunya berfoto bersama, apalagi ditambah dengan semaraknya mencoba berpakaian baju adat Sunda.

Maryam, Mahasiswa program AIMS dari Universiti Putra Malaysia, mengatakan bahwa field trip ini merupakan salah satu memori yang paling berarti baginya selama di Indonesia karena berkat kegiatan ini  bisa melakukan kegiatan yang sebelumnya ingin dilakukan seperti pergi dan menikmati keindahan alam serta menulusuri budaya di Indonesia. Dia juga menambahkan bahwa aktivitas favorit dari field trip ini adalah Menanam padi di sawah dan Memandikan kerbau karena itu merupakan kali pertama dirinya turun langsung ke sawah. Mahasiswa asal Chiba University-Jepang, Yuna Sato, mengaku terkesan karena berkesempatan melakukan aktivitas seperti menanam padi, memandikan kerbau dan mengenakan pakaian tradisional sunda. Menurutnya, kegiatan yang paling menarik ialah membuat boneka dari daun singkong. Meskipun prosesnya sulit, tetapi dirinya merasa puas setelah berhasil membuat boneka tersebut.

Leave A Comment

Translate »