All for Joomla All for Webmasters

Fakultas Pertanian IPB, menandatangani Kerjasama Pertanian Terpadu di Wilayah Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara.

Dalam rangka mengembangkan potensi sektor pertanian di Kalimantan Utara Kabupaten Bulungan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (BAPPEDA) melakukan kunjungan kerjasama ke Fakultas Pertanian IPB Bogor pada Kamis, 7 Februari 2019.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Bappeda Kabupaten Bulungan Muhammad Isnaini  menyampaikan keinginan Bupati Kalimantan Tengah untuk melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri dalam hal penelitian dan pengembangan terkait untuk memajukan pangan di wilayah Bulungan. Enam puluh persen masyarakat Kabupaten Bulungan adalah petani,

Program transmigrasi yang sudah berjalan di Kabupaten bulungan, masyarakat  menginginkan transformasi tambahan antara pengalaman dan pengetahuan tentang pertanian. “Kami berharap banyak dari IPB untuk melihat Kawasan Satuan Pemukiman (SP) disana yang berpotensi untuk lahan pertanian, lebih dari itu kami menginginkan adanya semacam identifikasi wilayah pertanian yang cocok dijadikan salah satu icon Kawasan pertanian yang lebih spesifik.” Ungkap kepala Bappeda.

Tujuan mengindentifikasi wilayah Kabupaten Bulungan yang  merupakan salah satu penghasil beras ikan yang punya nilai lebih ini, mempunyai kendala dalam  hasil panen beras ikan yang kini tidak lagi menarik, hal ini dikarenakan kurangnya sistem penanganan tanaman yang kurang baik. “Kami berharap teman-teman dari akademisi IPB bisa mengembangkan di berbagai daerah di Kalimantan Utara untuk membantu dengan produk tertentu yang bisa dikembangkan.”Tambahnya.

Disamping itu Dekan Fakultas Pertanian IPB Dr. Suwardi menyampaikan dalam sambutannya, tujuan kerjasama tersebut beliau mengharapkan agar IPB mampu membangun sektor industri pembangunan daerah dengan menurunkan langsung para ahli di bidang pertanian dan segera menyepakati kerjasama tersebut.Oleh karena itu, tinggal bagaimana menerapkan sistem pengelolaan dari segi pertanian yang luas. Jenis padi Ikan yang dibanggakan masyarakat kabupaten Bulungan  yang akan menjadi pusat pangan nasional dengan mewujudkan industri berbasis masyarakat yang berdaya saing tinggi.

 

Leave A Comment

Translate »