All for Joomla All for Webmasters

Varietas padi tipe baru IPB3S terus dikembangkan di Kabupaten Aceh Barat Daya (ABDYA), Provinsi Aceh. Melalui dukungan Program StartUp Industri Benih dari Kemenristekdikti, pada tahun 2018 ini di Kab ABDYA telah diproduksi benih label ungu dan benih sebar. Pada 2019, Bupati ABDYA mencanangkan produksi padi IPB3S ditanam seluas 3000 ha.

Sabtu, 9 Desember 2018, berlokasi di Kecamatan Babahrot, dilangsungkan panen benih IPB3S di lahan petani mitra Joint Operation (JO) AGH Seed Center Fakultas Pertanian IPB bersama PT Botani Seed dari PT Bogor Life Science and Technologi (BLST) yang merupakan perusahaan holding IPB.  Panen ini dihadiri Sekretaris Daerah, Ketua DPRK, Dandim, DanAL, Kadis Pertanian dan Pangan, para penyuluh pertanian, serta dari pihak IPB hadir Wakil Dekan Fakultas Pertanian Bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan (Wadek SKP), Dr Hajrial –pemulia padi IPB3S, Ahmad Zamzami, MSi,  Ir Joangsyah dan Nazi, SP.  Acara ini dihadiri lebih dari seratusan petani dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten ABDYA.

Kadis Pertanian dan Pangan, Drh Nasruddin, menyampaikan harapan agar padi IPB3S yang memang diminati petani dapat terus dikembangkan di Kabupaten ABDYA. “Kabupaten ABDYAmengharapkan kehadiran IPB untuk turut memajukan pertanian khususnya padi dan kesejahteraan petaninya” demikian juga harapan Bupati Akmal Ibrahim, SH, sebagaimana dalam sambutannya yang disampaikan Sekda, Drs Thamrin. Menyambut harapan tersebut, Wadek SKP Faperta Dr Ahmad Junaedi merespon dengan kesiapan IPB hadir di tengah-tengah para sahabatnya, para petani dan penyuluh Kabupaten ABDYA untuk meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan petaninya. Wadek SKP juga menyemangati untuk bangga dan bersyukur menjadi petani, menjadi insan yang bermanfaat sebagai penghasil pangan untuk kehidupan manusia serta turut menjaga fungsi ekologi. Sementara itu, Dr Hajrial dengan akrab menjalin diskusi dengan petani dan memaparkan karakteristik padi tipe baru IPB3S dengan teknologi anjurannya.

Semoga sinergi yang dibangun di Kabupaten ABDYA ini dapat terus berkembang. Hal ini sejalan dengan semangat IPB-share, mewujudkan peran nyata IPB berkiprah dalam pembangunan bangsa, khususnya di wilayah Aceh, Provinsi paling Utara dan Barat Indonesia yang berjarak ribuan km dari tapak kampus IPB di Bogor. (AJu dan MRid).

Leave A Comment

Translate »