All for Joomla All for Webmasters

PROVINSI RIAU, 25 November – 1 Desember 2018. Fakultas Pertanian IPB bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit (BPDKS) mengadakan kegiatan Pelatihan Pemahaman Kelapa Sawit bagi guru SMK di Provinsi Riau.

Langkah ini merupakan salah satu untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang peran kelapa sawit dalam perekonomian Indonesia, serta meningkatkan pemahaman guru tentang budidaya kelapa sawit, meningkatkan pengetahuan guru tentang tekhnologi Good Agriculture Practices (GAP). Langkah tersebut juga menjadi sarana alih tekhnologi kepada siswanya tentang memberikan informasi pengelolaan kelapa sawit yang benar. Langkah ini juga berperan positif dalam memberikan informasi hasil kajian dan inovasi tentang isu sawit membuat kekeringan, deforestasi dan sisi legalitas.

“Pelatihan ini harapannya dapat menangkal isu-isu negative terkait kelapa sawit dengan materi yang diberikan seperti tentang manajemen, legalitas, teknologi, budidaya, pengelolaan lingkungan, perkreditan, isu tentang sawit dan ISPO sampai kepada hasil pemasaran hasil sawit.” Tutur koordinator pelatihan dan Dosen Fakultas Pertanian IPB Dr. Ir. Hariyadi.

Selain itu manfaat kegiatan ini adalah menambah pengetahuan dan pemahaman serta persepsi guru terhadap kelapa sawit nasional dan menambah keterampilan guru dalam budidaya kelapa sawit serta mendapatkan informasi tentang perkelapa sawitan di Indonesia.

Pelatihan yang dilakukan Di Hotel Tjokro, Pekanbaru mengadirkan beberapa pemateri yang berkompeten dibidangnya. Seperti Dr. Ir. Bariyadi, Dr. Supijatno dan Dr. Budi Nugroho serta Dinas Perkebunan Provinsi Riau. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) dan Bank BRI turut memberikan materi dalam pelatihan tersebut. Selain para guru dibekali materi, para peserta melakukan kunjungan ke PT Aneka Inti Persada Di Siak Provinsi Riau untuk meninjau langsung melihat perkebunan sawit dan pengolahannya.

Kelapa sawit merupakan salah satu devisa terbesar andalan Provinsi Riau, maka untuk itu potensi tersebut harus dipertahankan dengan cara mengelola sawit secara Sustainable dan lestari.

Leave A Comment

Translate »