All for Joomla All for Webmasters

Mahasiswa Faperta IPB Dibekali Soft Skill Pascakampus

Mahasiswa Fakultas Pertanian Institut Pertanian (Faperta IPB) dibekali ilmu dan soft skill untuk menghadapi dunia pascakampus nanti. Pembekalan ini dilaksanakan pada Sabtu (17/11) bertempat di Auditorium Thoyib Hadiwijaya Fakultas Pertanian, IPB. Pengembangan soft skill bagi mahasiswa untuk menghadapi pascakampus dinilai penting karena dunia pascakampus berbeda dengan dunia kampus.

“Mahasiswa tidak hanya fokus kuliah saja, tetapi mahasiswa juga butuh soft skill untuk mengembangkan kapasitas dirinya. Soft skill ini tidak serta merta setelah lulus bisa langsung bagus, malainkan perlu dilatih dan diasah,” tutur Dr. Ir. Nurhayati, M.Sc., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Faperta IPB.

Nurhayati juga menegaskan bahwa mahasiswa harus mengasah soft skill nya sedini mungkin supaya setelah lulus nanti mahasiswa dapat beradaptasi dengan mudah di lapangan kerja. Di sisi lain mahasiswa yang memiliki soft skill lebih biasanya memudahkan untuk berkomunikasi dan bekerjasama dengan user lain yang berada dalam satu tempat kerja. Ia juga mengapresiasi kepada mahasiswa karena sudah meluangkan waktu untuk mengikuti pelatihan pengembangan soft skill ini.

“Pelatihan soft skill ini penting ya, jadi semoga mahasiswa yang hadir tidak hanya mendengar saja melainkan dapat dipraktekkan setelah lulus nanti. Dengan kemampuan soft skill yang baik, mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi yang dimilikinya,” pungkas Nurhayati.

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa Faperta dibekali soft skill public speaking, personal branding, pembuatan curiculum vitae, leadership, dan presentasi dengan baik. Harapannya, dengan dilaksanakannya pembekalan ini mahasiswa baik yang masih kuliah maupun yang sedang kuliah dapat mempraktekkan secara langsung setelah pembekalan.

Narasumber yang dihadirkan pada kali ini adalah Remy Sosiawan (PT. CIMB Niaga Auto Finance), Andini Eka H (Peringkat 5 Indonesia Future Human Resource Leader), Flora Sutrisno (Market Insight Professional), dan Haikal Saputra (Public Speaker Trainer). (rsyd)

Leave A Comment

Translate »