All for Joomla All for Webmasters

Pencapaian Kedaulatan Pangan Indonesia Belum Terwujud STADIUM GENERAL POLITIK PERTANIAN

Jumat 9 November 2018 tengah dilaksanakan kuliah bersama untuk mata kuliah Politik Pertanian Stadium General di Auditorium Toyib Hadiwijaya Fakultas Pertanian. Tema yang diusung kali ini yakni “Masa depan Kebijakan Agro-Maritim Indonesia” bersama Said Abdullah dengan dimoderatori oleh Dr.Ernan Rustiadi. Said Abdullah adalah salah  satu alumni Fakultas Pertanian bidang keahlian gizi masyarakat dan Sumberdaya keluarga, beliau juga  aktif dalam Advokasi Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP).

Acara yang dihadiri 400 mahasiswa dari empat Departemen Fakultas Pertanian mendengarkan paparan dan juga berdiskusi mengenai ketahanan pangan Indonesia. Ada beberapa poin yang dibahas, yaitu menilai pembangunan pertanian pangan selama ini dilakukan setengah hati. Pencapaian kedaulatan pangan belum terwujud, mengingat laju impor yang besar menempatkan negara dalam “kuasa” pihak lain dan mengindikasikan kegagalan menjaga kedaulatan.

Dekan Fakultas Pertanian Dr. Suwardi dalam kata sambutannya, beliau mengatakan bahwa peran pangan sangat penting disamping itu lahan yang tersedia akan dijadikan lahan konservasi jugasemakin tarik manarik, dalam hal ini tentunya mendukung keinginan mahasiswa Fakultas Pertanian agar berkontribusi besar dalam ketahanan pangan. Dengan mata kuliah Politik Petanian dari segi social dan politik, pertanian Indonesia sehingga swasembada pangan akan tercapai.

Leave A Comment

Translate »