All for Joomla All for Webmasters

[UTSIP Kashiwa, Japan]

Menyambung Tali Silaturahim dengan Halal bi Halal bersama Dekan Faperta

Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor menggelar halal bi halal bertepatan pada awal masuk kerja, Senin (25/6) di Auditorium Thoyib Hadi Widjaya Fakultas Pertanian IPB Dramaga. Dekan Fakultas Pertanian IPB, Dr. Ir. Suwardi, M.Agr dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H Taqobalallahu Minna Wa Minkum. Pada kesempatan ini Dekan Faperta juga menyampaikan perkembangan dunia pendidikan teritama di bidang pertanian. Lebih lanjut Dr. Ir. Suwardi, M.Agr menyampaikan, “Kurikulum yang akan datang harus bisa mengikuti dan menyesuaikan perkembangan teknologi sehingga dalam praktikum bisa memanfaatkan teknologi tersebut.”

Seiring perkembangan zaman, teknologi pertanian semakin maju dan semakin modern. Sebagai upaya mengaplikasikan teknologi, Dr. Ir. Suwardi, M.Agr berharap supaya praktikum mata kuliah yang ada di Fakultas Pertanian dapat menggunakan teknologi sehingga mahasiswa dapat merasakan secara langsung perkembangan teknologi tersebut. Ia mencontohkan, praktikum mencangkul dapat diganti dengan mesin traktor dan menanam benih secara manual diganti dengan mesin transplanting.

Sementara itu Salahuddin El Ayyubi, Lc. MA, dalam tausyiahnya menyampaikan tentang sejarah halal bi halal dan hikmah dari halal bi halal. Dalam tausyiahnya Ustadz Salahuddin menyampaikan bahwa halal bi halal bermula ketika Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno melakukan open house di istana negara sebagai upaya memberikan maaf kepada lawan politiknya.  Sedangkan hikmah halal bi halal ada tiga, yaitu meminta maaf, memberi maaf, dan silaturahim. “Saling memaafkan itu sangat dianjurkan dalam Islam, apalagi momennya di bulan yang fitri ini. Semoga dengan saling memaafkan, bisa menghapus dosa dengan sebersih-bersihnya,” tambah ustadz Salahuddin. Lanjutnya, orang yang mulia itu adalah orang yang mengawali bersalaman dan mengucapkan salam. Cara bersalaman yang baik adalah dengan menatap mata dan menebarkan senyuman kepada orang yang diajak bersalaman.

Di akhir tausyiahnya, ustadz Salahuddin menyampaikan bahwa dengan menyambung tali silaturahim dapat dilapangkan rezekinya, dipanjangkan umurnya, dan akan dimasukkan ke dalam surga. Acara ini dihadiri oleh dosen, tenaga pendidikan, perwakilan mahasiswa dan dimeriahkan oleh penampilan apik dari acoustic Kunang-Kunang dan yang tak kalah menarik adalah penampilan salah satu dosen Fakultas Pertanian. (Rosyid)

 

Leave A Comment

Translate »