All for Joomla All for Webmasters

Bogor 13 Mei 2018, Pada setiap akhir semester Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB menggelar expose hasil praktikum mahasiswa yang telah terjun langsung ke lapangan. Sebanyak 68 mahasiswa S1 dan 12 Mahasiswa S2 yang tergabung mata kuliah Pengelolaan Lanskap. Melaksanakan expose langsung “on the site” di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Dalam kegiatan ini mahasiswa didampingi dosen langsung yang dikordinasikan oleh Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin, bersama Tim Dr Kaswanto, Dr Syartinilia, Prof. Wahju Qamara, Dr Aris Munandar dan beserta jajaran pemangku kepentingan di Desa margajaya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan pertanian perkotaan menjadi potensi lanskap pertanian dimaman didalamnya terdapat pengembangan Objek Wisata (Agrowisata), meningkatkan produksi padi “Pare anyar” dan perkebunan campuran tepi sungai. Dengan adanya sungai Cisitu, Desa Margajaya tidak pernah kekeringan karena aliran sungai mengairi saluran irigasi dan juga dapat dijadikan objek atraksi wisata seperti perikanan dan peternakan.

Selain itu juga acara ini terselenggara atas dasar inisiasi warga sekitar dengan tema “Pasar Rakyat Tani” mereka yang terlibat langsung dalam acara kegiatan ini seperti, Kediaman Pondok Syahir, rumah kepemimpinan, Posdaya, Nusagrow, Kelompok Tani, Ibu PKK dan Karang Taruna yang didukung oleh Bappeda Kota Bogor dalam perencanaan dan pengembangan Margajaya sebagai iconic urban farming dan agrowisata.

Harapan dari sebuah kegiatan ini tidak lain adalah untuk mewujudkan pertanian di Margajaya tetap bisa menjadi oase di tengah maraknya pembangunan fisik kota yang pesat. Dengan mengelola alam yang lebih bijak, memanfaatkan sumber air untuk kegiatan yang lebih produktif, dan menggunakan kearifan lokal yang dimiliki petani, semoga masyarakat akan mendapat manfaat tambahan dari kegiatan pertanian di masa kini dan yang akan datang.

Leave A Comment

Translate »