All for Joomla All for Webmasters

Faperta Kunjungi Perkebunan Milik Petani dan Plant Nursery di Jawa Barat

Dalam rangka Studi Banding Pengelolaan Kebun untuk Penelitian dan Produksi, Fakultas Pertanian bermaksud mengunjungi beberapa tempat perkebunan dan penelitian untuk menjalin hubungan dengan kolega pertanian di Kabupaten subang dan Kabupaten Bandung Jawa Barat, 10-12 April 2018. Mengawali kunjungan kali ini, kami tiba di Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbu) Subang, sebagai sebuah institusi penelitian, dibawah naungan Kementrian Pertanian. Balitbu Tropika dilengkapi oleh berbagai fasilitas, yang meliputi gedung kantor, laboratorium, kebun percobaan dan rumah kaca.

Selanjutnya kunjungan ke kebun Agroindustri Dompet Dhuafa di Kabupaten Subang, yang berorientasi pada tiga program yakni membuat pengolahan pabrik buah nanas dan rumah industri nanas yang merupakan program dari Indonesia berdaya dari masyarakat kembali kepada masyarakat. Direktur perkebunan Dompet Dhuafa Jodi Iswanto mengaharapkan IPB bisa menempatkan model penelitian apa yang bisa diaplikasikan di kebun tersebut.

Dalam kunjungan Faperta turut hadir Wakil bidang Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Ahmad Junaedi, M.Si bersama beberapa staf dan Dosen pengajar diantaranya Dr. Ir. Tietik Siti Yuliani, S.U Departemen Proteksi Tanaman (PTN), Fitrianingrum Kurniawati, S.P.,M.Si, PTN, Ahmad Zamzami, S.P.,M.Si Departemen Agronomi & Hortikultura dan Ir. Fahrizal Hazra, (Lektor Kepala), Dr. Dr Ir. Nizar Nasrullah, M.Agr, dan Ir. Hermanu Widjaja, M.Sc.

Disela-sela kunjungan, Wakil Dekan Bidang SKP berharap “agar teman-teman di IPB bisa mensinergikan program kampus melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan program lainnya untuk mendapatkan masukan dan bagaimana realitas mengelola kebun di lapangan sesungguhnya,” Ungkapnya.

Selanjutnya, Faperta mengujungi kebun Alumni IPB (Pina Palantation) dengan luas lahan sekitar 35 hektar yang tergarap di kawasan kecamatan Kasomalang Subang. Sang Owner Deni Sukmana mengaharapkan “kedatangan IPB Fakultas Pertanian agar berkontribusi dari sisi akademis begitu juga dengan tempat kami pun bisa dijadikan untuk tempat belajar,” tuturnya.

Kemudian Faperta mengunjungi Pusat Nursery Buah Nusantara, Desa Curugrengdeng, Kecamatan Jalancagak,  Ciateur, Subang, Jawa Barat. Di tempat ini banyak jenis Pohon Induk Tunggal seperti Lengkeng dan Jeruk Siem Madu untuk suplai ke para petani di perkebunan dan mengembangkan unsur komersial bisnis menurut General Manajer Nursery IPB, Riris Margiani Sari. Sebagai penutup kunjungan terakhir, Faperta mengunjungi kebun jeruk Dekopon asal Jepang di Bandung Selatan, Di Desa Lebak Muncang Kecamatan Ciwidey. Dimana buah jeruk tersebut berhasil dikembangkan oleh salah satu petani dengan 2000 pohon. Kunjungan ke kebun jeruk dekopon tersebut mendapat respon positif agar program mahasiswa KKN dapat belajar mengembangkan untuk produk sendiri. (Rdh)

Leave A Comment

Translate »