All for Joomla All for Webmasters

IPB – Korea Selatan : Melakukan Kerjasama membuat Pusat Kajian Hortikultur

Bogor 2 April 2018, Dalam rangka pengembangan kerjasama dalam bidang pertanian, Fakultas Pertanian melakukan nota kesepakatan dengan Perusahaan Bisnis Pertanian LiiOn Bio.Co. Korea Selatan.

Dalam hal ini, IPB memfasilitasi kerjasama tersebut sebagai sebuah Universitas Pertanian berbasis penelitian yang melakukan pendidikan, pengajaran dan penelitian dengan kompetensi utama di bidang pertanian tropis dan biosciences.

LiiOn merupakan sebuah Perusahaan Bisnis Pertanian yang melakukan penelitian dan melakukan pendidikan terutama pada penggunaan bioteknologi modern untuk peningkatan, produksi dan kesehatan tanaman.

Tujuan dari kerjasama ini diantaranya untuk membangun kapasitas dan pengetahuan di kedua pihak melalui pelatihan, pendidikan dan penelitian di bidang bioteknologi tumbuhan terutama kultur jaringan, menyediakan dan membangun laboratorium kultur jaringan modern dan fasilitasnya di IPB, mengembangkan program produksi umbi mini kentang, penelitian kolaborasi dan pengembangan varietas kentang yang sesuai untuk diproses di Indonesia, Uji variasi varietas kentang yang diperkenalkan dari Korea, penelitian kolaborasi dan pengembangan hawar daun yang efektif dan kontrol serangga berbahaya lainnya pada kentang, kemudian terakhir mendaftar ke lembaga pendanaan yang relevan untuk proyek penelitian dan pelatihan bersama dalam kolaborasi antara kedua pihak.

Kerjasama ini akan dikelola oleh komite pengarah Tim IPB yang dipimpin Oleh peneliti diantaranya Dr. Ir. Sugiyanta, M.Si (Departemen Agronomi dan Hortikultura) dan Dr. Awang Maharijaya, S.P, M.Si ( Pusat Studi Hortikultura Tropis). rdh

Leave A Comment

Translate »