All for Joomla All for Webmasters

Departemen Proteksi Tanaman Faperta IPB Gelar Seminar Nasional Pengendalian Hama Terpadu pada Wereng

Sebagai upaya menanggulangi upaya hama wereng yang menyerang tanaman padi di Indonesia, Departemen Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian IPB menggelar seminar nasional dengan tema “Menemukan Kembali PHT Kita: Memutus Lingkaran Setan Ledakan Wereng Coklat dan Virus Padi.” Seminar diselenggarakan di Auditorium Thoyib Hadi Widjaya Fakultas Pertanian IPB pada Kamis, 22 Maret 2018.

Acara yang terselenggara kolaborasi antara Departemen Proteksi Tanaman dengan Perhimpunan Entomologi Indonesia dan Perhimpunan Fitopatologi Indonesia ini diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari akademisi, peneliti, kelompok tani, pemerhati pertanian, perusahaan, dan lembaga pemerintahan.

Seminar nasional kali ini menghadirkan pembicara diantaranya Prof. Dr. Ir. Aunu Rauf, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Sri Hendrastuti Hidayat, M.Sc., Dr. Ir. Sri Sulandari, S.U, Dr. Ir. Hermanu Triwidodo, M.Sc., dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda, MS pada sesi pertama. Untuk sesi ke-2 menghadirkan pembicara Prof. Dr. Ir. Damayanti Buchori, M.Sc., Dr. Fausiah T Ladja, SP., M.Si., Prof. Dr. Ir. Y Andi Trisyono, M.Sc., dan Dr. Ir. Gatot Mudjiono. Moderator pada sesi ini adalah Prof. Dr. Ir. Abdul Latief Abadi, MS.

Permasalahan yang dikupas diantaranya mulai adalah sejarah hama wereng coklat di Indonesia, pengendalian penyakit, pengelolaan ledakan hama wereng dan bagaimana peran pemerintah dalam menanggulangi ledakan hama serta bagaimana perkembangan penelitian hama wereng padi di Indonesia dapat menjadi fokus dalam seminar tersebut.

Sebagai penutupan pada sesi ke-3 diadakan diskusi paralel yang terbagi menjadi tiga kelas. Masing-masing moderator dari setiap kelas adalah Ir. Sarsito Wibowo Gaib Subroto, MM., Ir. Dewa Made Sukisna, dan Dr. Martua Suhunan Sianipar. (Rsyd)

Leave A Comment

Translate »