All for Joomla All for Webmasters

SOIL FESTIVAL 2017

Bogor (5/10) – Soil Festival merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Tema yang diangkat pada event kali ini adalah “Karst Indonesia”. Event ini diselenggarakan pada tanggal 5-8 Oktober 2017.

Penyelenggaraan event Soil Festival ini berkolaborasi dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Energi dan Sumber Daya, Himpunan Alumni Tanah Indonesia (HATI), dan Kebun Raya Bogor.

Rangkaian kegiatan Soil Festival 2017 meliputi kompetisi debat tingkat nasional, lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional, seminar nasional, expo, City Tour, dan Gala Dinner.

Keynote speaker pada acara seminar ini adalah Ir. Antung Deddy Radiansyah, MP (Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial KLHK Republik Indonesia). Pembicara Session 1 adalah Dr. Boedi Tjahjono, M.Sc (Kepala Bagian Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial Departemen Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan IPB), Dita Arif Yuwana, ST., MT., MA (Kepala Sub Bidang Konservasi Geologi Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia), Dr. Ir. Soeryo Adiwibowo, M.S (Staff Kajian Agraria dan Ekologi Politik Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB) dan dimoderatori oleh Setyardi P Mulya, M.Si. Tema yang diangkat pada session 1 ini adalah “Kebijakan Strategis Pengelolaan Ekosistem Esensial Karst”.

Session 2 mengangkat tema, “Keseimbangan Pemanfaatan Karst untuk Fungsi Ekologi dan Menunjang Perekonomian” dengan moderator Ayida Martas Sulfa (National Directory International Association of Students in Agricultural and Related Science).

Acara seminar ini juga dibuka diskusi interaktif dengan menghadirkan pembicara Ir. Widodo Santoso, MBA. (Ketua Asosiasi Semen Indonesia) dan Wahyu Pradana (Manajer Kampanye Pangan, Air, Ekosistem Esensial WALHI).

Kegiatan seminar bertempat di Auditorium Thoyib Hadiwijaya Fakultas Pertanian IPB dan diikuti oleh sekira 278 peserta.

Lomba debat dan karya tulis ini diikuti oleh sekitar 152 delegasi mahasiswa yang berasal dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Lampung, Universitas Negeri Sriwijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Soedirman, Universitas Negeri Yogyakarta, UNTAN, Politeknik Negeri Medan, dan Universitas Lambung Mangkurat.

Tema lomba yang diangkat ada dua, yaitu “Benang Kusut Permasalahan di Kawasan Karst” sebagai tema lomba debat dan  “Inovasi dan Pemberdayaan Sumber Daya Karst” sebagai tema LKTI.

Pemenang setiap lomba diambil tiga juara, yaitu M Ridho Gunawan dan team dari UGM sebagai juara 1 lomba debat, Muhammad Naufal dan team dari UGM sebagai juara 2 lomba debat, dan Nur Badri dan team dari IPB sebagai juara 3 lomba debat.

Adapun lomba karya tulis ilmiah dimenangkan oleh Durrotunafisah Aji DP dan M Naufal dari UGM sebagai juara 1, Abdul Holid R dari Universitas Lambung Mangkurat sebagai juara 2, serta Yonatan Yolius dan team dari UNY sebagai juara 3.

Kegiatan Soil Festival ditutup dengan rangkaian city tour ke tempat-tempat menarik di kota Bogor dan gala dinner yang bertempat di Hotel Salak. (RA)

Leave A Comment

Translate »