All for Joomla All for Webmasters

Seminar Nasional BEM, Mengawali Euforia Pertanian

Dalam rangka mendukung program Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian, kali ini berkesempatan mengadakan kegiatan seminar nasional dengan tema membahas soal sawit dan gambut 16 September 2016. Program seminar sawit dan gambut merupakan bagian dari rangkaian program Agriforia (Agriculture Euforia), dimana konsep dari Agriforia tersebut bertujuan untuk mencerdaskan mahasiswa dari dalam dan luar Fakultas Pertanian.

Konsep seminar nasional sawit dan gambut yang bersifat umum ini merupakan isi dari materi mengenai swasembada pangan, yang merupakan hasil diskusi atas kerjasama BEM dan Fakultas untuk menanggapi Peraturan Pemerintah PP 57 2016 tentang perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut.

“Kita buat konsep seminar nasional Agriforia melibatkan mahasiswa dari kampus lain terutama dari kalimantan dan Sumatera Selatan yang merupakan daerah pengembangan lahan sawit dan gambut. Secara kebetulan GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) menawarkan konsep yang dibahas mengenai lahan sawit dan gambut melihat  dari segi kepakaran Faperta IPB dari ilmu tanah, ketahanan pangan Nasional, hama dan penyakit. ”Tutur Ketua BEM Imam Fauzi Faperta 51.

Konsep seminar lahan sawit dan gambut mendapatkan dukungan dari para dosen, termasuk para narasumber yang hadir dari para dosen IPB Fakultas Pertanian diantaranya Dr. Basuki Sumawinata (ITSL) yang mengupas soal definisi tanah organik secara ilmiah menurut sistem klasifikasi tanah, kemudian Dr. Sudrajat pakar Ekofisiologi (AGH) membahas mengenai budidaya sawit, Dr. Bambang Sulistyantara mengulas pembahasan mengenai luasan daerah yang cocok ditanami sawit.

Leave A Comment

Translate »