All for Joomla All for Webmasters

Membangun Faperta Yang Berdaya Saing Tinggi

Visi dan Misi Faperta mengarahkan bahwa pada tahun 2030 Faperta harus dapat menjadi lembaga pendidikan dan penelitian bidang pertanian yang bertaraf internasional, menghasilkan IPTEKS dan inovasi serta SDM yang berdaya saing global dan berkontribusi mengatasi berbagai tantangan bidang pertanian

Fakultas Pertanian (Faperta) adalah salah satu fakultas tertua di IPB. Faperta telah banyak menorehkan berbagai prestasi dalam pengembangan SDM berkualitas dan menghasilkan IPTEKS serta banyak menghasilkan inovasi untuk pembangunan nasional. Capaian ini karena Faperta IPB memiliki dosen dengan kualitas terbaik di Indonesia saat ini. Faperta IPB harus menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi. Seperti diketahui bahwa sektor pertanian Indonesia saat ini menghadapi banyak masalah dan tantangan, baik on farm maupun off farm. Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan globalisasi pada umumnya memerlukan daya saing yang tinggi di berbagai bidang terutama di bidang SDM. Negara yang memiliki daya saing yang rendah akan menghadapi berbagai dampak negatif, baik dalam penguasaan sumberdaya,teknologi, inovasi, meningkatnya impor, termasuk impor tenaga kerja pertanian terdidik.

Dalam era globalisasi ini, pendidikan tinggi pertanian harus bersiap diri, agar dapat turut aktif mengatasi masalah dan tantangan bangsa. Pendidikan tinggi pertanian saat ini masih menghadapi masalah kualitas input yang rendah sebagai akibat dari popularitas bidang pertanian yang terus menurun. Pertanian masih identik dengan kotor, kumuh dan miskin, sehingga generasi muda saat ini kurang tertarik untuk memasuki bidang pertanian.

Statuta mengamanatkan bahwa IPB harus menjadi yang terdepan dalam memperkokoh martabat bangsa melalui pendidikan tinggi unggul pada tingkat global, unggul pada berbagai bidang baik di bidang pendidikan, riset, dan manajemen pendidikan tinggi, sehingga menghasilkan lulusan yang berdaya saing global. Untuk itu IPB harus berbasis riset, mampu mengintegrasikan hasil riset ke dalam pendidikan dan pengajaran dan dapat mengimplementasikan inovasi yang dihasilkan untuk pembangunan bangsa dan negara.

Baca Selengkapnya di : Buletin Faperta IPB

Leave A Comment

Translate »