All for Joomla All for Webmasters

Laporan Program  UPSUS LTT dan SIWAB  di Empat Kabupaten Jawa Barat

Program (UPSUS) upaya khusus untuk mendukung swasembada pangan, padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabai dan tebu merupakan program yang dilaksanakan mahasiswa/alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) dan luar IPB periode April – Juni 2017 di Kabupaten Karawang, Subang, Sukabumi dan Purwakarta. Laporan kegiatan UPSUS saat ini diwarnai program baru dari Kementrian Pertanian RI berupa luas tambah tanam (LTT)  dan Percepatan peningkatan populasi sapi induk wajib bunting (SIWAB).

Program pendampingan upsus ini dilakukan untuk meningkatan produksi pangan dan daging dalam kegiatan dan pelaksanaan usaha tani. Disamping itu, masih kurangnya jumlah penyuluh untuk mengelola perogram tersebut, maka program UPSUS melibatkan mahasiswa/alumni secara langsung yang bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Mitra (PTM) dan STPP (Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian) Bogor  untuk lokasi di 17 Provinsi sentra produksi pangan.

Program kegiatan UPSUS LTT dan SIWAB pada periode April – Juni tengah dilakukan mahasiswa/alumni dan akan berakhir pada bulan Juni mendatang, program berikutnya kemudian akan dilanjutkan oleh mahasiswa KKN-T sampai Bulan Agustus.

Adapun tugas dari pendamping dilapangan pada pelaksanaan kegiatan adalah menyusun rencana kerja pendampingan, melakukan kemitraan dengan penyuluh dan mantri tani dalam perencanaan dan pelaksanaan usaha tani, serta pengenalan teknologi dan kelembagaan kepada petani.

Selain itu, kegiatan dilapangan ini juga melakukan identifikasi potensi wilayah dan pendataan usaha tani serta menyampaikannya melalui form isian kegiatan pendampingan dan melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan babinsa dan perangkat desa.

Agar program kegiatan terdokumentasi dengan baik, teknis untuk membantu tugas-tugas penyuluhan BP3K mendukung Gerakan Pemberdayaan Petani Terpadu, hasil penyuluhan disusun dalam laporan kegiatan harian, mingguan dan laporan akhir kegiatan pendampingan sesuai lokasinya yang disampaikan kepada pembimbing.

Dari laporan hasil tersebut, pendamping mahasiswa/alumni kabupaten Purwakarta, Kecamatan Tegalwaru pada minggu ketiga bulan Mei telah melakukan beberapa program kerja diantaranya, pendataan kartu ternak serta pemeriksaan gangguan reproduksi, Inseminasi Buatan dan pemberian obat cacing, vitamin kepada sapi dan kerbau indukan di desa Tegalwaru.

Program kerja yang akan ditindaklanjuti dengan masalah-masalah yang terkait sesuai dengan wilayah masing-masing diantaranya, pengukuran BCS (Body Condition Score)  ternak di kelompok Tegal Saluyu 1, desa Tegalsari. Survey lahan untuk penanaman jagung di kecamatan Tegalwaru, Meninjau kondisi lahan pertanian dan mendiskusikan permasalahan pertanian di kecamatan Maniis.

Leave A Comment

Translate »