All for Joomla All for Webmasters

COFFEE TALK

BEM KM IPB bekerja sama dengan Fakultas Pertanian IPB, P4W IPB, Konsorsium Penyelamatan Puncak, Rumah kopi Ranin, Infis danCV Frinsa Agrolestari mengadakan acara COFFEE TALK yang bertemakan “ANAK MUDA MENGECAP KOPI DUNIA”. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 24 Mei 2016 di Auditorium Toyib Hadiwijaya IPB Dramaga pada pukul 19.00-22.00. Tujuan diadakannya acara ini adalah edukasi kopi dan mengenalkan harta negeri yaitu kopi-kopi Indonesia yang dihasilkan dari petani-petani hingga barista yang berdedikasi dan berdaulat. Adapun edukasi kopi tersebut disampaikan melalui film, musik, cupping coffee dan pembacaan monolog.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Agus Purwito, M.Sc.Agr. Beliau menekankan bahwa kpi Indonesia adalah kopi yang berkualitas terbaik dan termahal di dunia, salah satunya adalah kopi Luwak. Serta Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang berasal dari banyak daerah di Indonesia antara lain Kopi Sidikalang, mandailing, Toraja, Gayo, Bali Kintamani, Papua Wamena, Lampung dan berbagai jenis kopi lainnya.

Acara selanjutnya adalah pemutaran film “Biji Kopi Indonesia (Aroma of Heaven)” yang berisi tradisi, seni, kebudayaan, kepercayaan, dan keyakinan adat kepada kopi Indonesia. Film ini mengangkat pertanyaan, seberapa baik kita mengenal kopi yang kita konsumsi setiap hari? Film ini juga menguak fenomena bahwa Indonesia merupakan produsen kopi berkualitas baik, tetapi di ekspor keluar negeri sedangkan masyarakat Indonesia dan petani dibudayakan untuk meminum kopi dengan kualitas rendah, dan dipasarkan dalam “iklan” yaitu kopi sachet. Setelah pemutaran film, acara dilanjutkan dengan bincang kopi yang dihadiri oleh Budi Kurniawan (Sutradara Film Aroma Kopi of Heaven), Wildan Mustofa (Juara Kurasi Kopi Internasional), Jumpono ( Petani Kopi Puncak), Uji Saptono ( Juri Kontes Kopi) dan Tejo Pramono (Pemilik Rumah Kopi Ranin) dengan Dr. Ernan Rustiadi sebagai moderator. Inti dari bincang acara kopi adalah membahas ketertarikan kelima narasumber akan kopi dan kontribusi mereka untuk mengenalkan kopi kualitas baik kepada masyarakat dan membawa Kopi Indonesia mendunia.

Acara dilanjutkan dengan cupping coffee beberapa jenis kopi yang disiapkan oleh Rumah Kopi Ranin. Setelah itu pembacaan monolog politik pertanian yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr, Prof. Endriatmo Soetarto, Prof. Hariadi Kartodiharjo, Dr Sudrajat MS, Prof. Dwi Andreas Santosa. Acara ditutup dengan alunan musik oleh Akar Bambu.

Leave A Comment

Translate »