All for Joomla All for Webmasters
Gerakan Faperta Hijau Dan Kerja Bakti Akhir Tahun

Fakultas Pertanian IPB memiliki serangkaian kegiatan unik yang dilakukan pada penghujung tahun 2013 lalu. Berawal dari Gerakan Faperta Hijau, suatu gerakan memilah sampah menjadi 3 jenis yaitu sampah organik, sampah plastik, dan sampah kertas yang merupakan inisiasi Dekan Fakultas Pertanian IPB, Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr, Dekanat Fakultas Pertanian mengadakan beberapa perlombaan yang terkait dengan kebersihan lingkungan.  Lomba diikuti oleh seluruh Departemen dan Lembaga Kemahasiswaan di Lingkungan Faperta IPB. Perlombaan yang diikuti oleh Lembaga Kemahasiswaan adalah lomba debat lingkungan, lomba poster dan slogan, dan lomba kebersihan LK. Untuk tingkat departemen, terdapat lomba penilaian kebersihan di lingkungan departemen masing-masing.

 

Lomba debat lingkungan yang diselenggarakan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian pada tanggal 19 Desember 2013 (babak penyisihan) dan 21 Desember 2013 (final dan semifinal). Lomba debat lingkungan ini diikuti oleh 18 tim dari berbagai angkatan tiap departemen. Terlihat antusiasme mahasiswa-mahasiswi dari tiap departemen di Fakultas Pertanian untuk turut serta dalam perlombaan ini.  Dalam lomba debat ini dibahas mosi-mosi terkait isu lingkungan yang ada di Fakultas Pertanian. Diharapkan dari mosi yang diberikan dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa-mahasiswi terhadap lingkungan di Fakultas Pertanian.

Kegiatan penilaian kebersihan lingkungan dalam Gerakan Faperta Hijau bekerjasama dengan KS-Beriman IPB. Rentang waktu penilaian dilakukan pada 20 – 29 Desember 2013. Proses penilaian dilakukan dengan metode Sidak (inspeksi mendadak). Beberapa aspek yang dinilai adalah kebersihan dan penataan ruangan (kantor sekretariat, ruang kelas, dan toilet), dan kebersihan di luar ruangan (termasuk teras, koridor, halaman, taman, dan selokan).

Acara puncak Gerakan Faperta Hijau dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2013 yang diawali dengan kegiatan kerja bakti bersama di lingkungan Fakultas Pertanian. Seluruh civitas Fakultas Pertanian (staf pengajar, pegawai, mahasiswa, dan petugas kebersihan) terlihat antusias untuk membersihkan lingkungan departemen dan LK masing-masing. Setelah kegiatan kerja bakti berakhir, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama di Auditorium Toyib Hadiwijaya. Setelah itu terdapat sambutan dari Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr yang menyampaikan progress report Gerakan Faperta Hijau. Acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba.  Dalam lomba debat lingkungan, yang berhasil menjadi juara 1 adalah tim AGH 48 A  dengan total skor 427 sedangkan juara 2 adalah tim AGH 49 A dengan total skor 424. Best Speaker Lomba debat lingkungan Fakultas pertanian diraih oleh Andi Sauleka dari tim AGH 48 A. Dalam lomba desain poster dan slogan, juara 1 diraih oleh Ainul Khudri dan juara 2 diraih oleh Fitri Ningrum.

Selanjutnya diumumkan pemenang dalam lomba kebersihan. Untuk tingkat Lembaga Kemahasiswaan dimenangkan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (HMIT) dengan total skor 89.7 Sedangkan untuk tingkat Fakultas dan Departemen dimenangkan oleh Dekanat Fakultas Pertanian dengan total skor 88,5. Selamat kepada para pemenang. Semoga seluruh civitas  yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dapat menyebarkan semangat kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan pada seluruh mahasiswa di masing-masing departemen di Fakultas Pertanian IPB.  Salam hijau, salam pertanian Indonesia! (Lutfia & Andi)

Document

Leave A Comment

Translate »