All for Joomla All for Webmasters

Mahasiswi Arsitektur Lanskap IPB Juarai Afair UI 2013

Mahasiswi arsitektur lanskap angkatan 2010 terpilih menjadi juara pertama AFAIR UI 2013. AFAIR UI merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh departemen arsitektur UI sebagai ajang untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dari mahasiswa sesuai dari tema yang ditetapkan. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah “Immortalityvity: Reviving the Dead, Experiencing the Fantasy” dimana para peserta diwajibkan untuk membangkitkan kembali dead space yang ada disekitar.

Dari sekian banyaknya berkas sayembara yang ikut, terpilihlah 5 karya terbaik yang akan bertarung dibabak selanjutnya untuk menentukan pemenangnya. Kelima tim tersebut merupakan peserta dari IPB, ITB, ITS, UNS dan Beijing Forestry Univ.

Setelah melalui proses penjurian yang cukup panjang, terpilihlah tim dari IPB yang menjadi juara pertamanya.Tim yang beranggotan dari Shaibatul Islamiah (eba), Mariana Agustin (aci), Citra Handayani, (citra) dan Pretty ini mengusung Gamescape sebagai sebagai kunci kemenangannya.

Dalam konsepnya ini keempat mahasiswi ini memilih Plaza Muria yang terdapat di Jalan Mayor Oking, kecamatan Cibogor sebagai area dead space. Jika dilihat dari poster Konsep ini mengajak pengunjung untuk mengumpulkan koin yang tersembunyi di setiap lantai, dimana koinnya nanti berguna sebagai alat untuk membeli makanan dan souvenir disetiap lantai. Setiap lantai dari plaza ini akan menjadi sebuah biorama lanskap yang berbeda-beda sehingga pengunjung akan mendapat tantangan baru disetiap lantai. Hal serupa juga diungkapkan oleh Aci salah seorang dari tim ini ketika ditanya mengenai konsepnya.

“Kita bolak balikin yang di luar jadi di dalem, ke berbagai lanskap ekstrim di tiap lantainya. terus kita milih survival game karena di kehidupan nyata kita juga harus survive biar bisa idup. gamescape itu kayak replika tempat kita bertahan hidup dengan aturan yg dibuat sendiri: ngumpulin koin buat beli makan, minum, dll dengan cara yang fun. kira kira gitu”.

Wow konsep yang unik ya. !

Kemenangan keempat mahasiswi ini dirasa menjadi angin segar bagi para mahasiswa arsitektur lanskap IPB tentunya untuk mulai berani mengeksplor kemampuan mereka dan sekaligus untuk menggaungkan istilah arsitektur lanskap yang masih belum dikenal oleh masyarakat umumnya..

Well,, congratulation ya guys… !! [Muhammad Agusman Lubis]

Document

Leave A Comment

Translate »