All for Joomla All for Webmasters

Reuni Dan Seminar “Prospek Kelapa Sawit Dan Sagu Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Dan Energi”

Silaturahmi yang dibina secara berkesinambungan selalu mendatangkan manfaat positif. Ini telah ditunjukkan beberapa tahun belakangan oleh mahasiswa bimbingan Prof. Dr. Ir. H. M. Hasyim Bintoro, M.Agr. dan hari ini adalah reuni kesekian yang disisipkan didalamnya seminar bertema “Prospek Kelapa Sawit dan Sagu dalam Mendukung Ketahan Pangan dan Energi”. Acara dibuka MC pukul 09.40 WIB dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an, sholawat badar dan tarian tor-tor sihutur sanggul. Dalam sambutannya, ketua pelaksana Sandra Amarillis, SP menyampaikan bahwa reuni ini sudah dua kali dilaksanakan dan jumlah hadirinnya semakin meningkat.

Acara yang diselenggarakan di Auditorium Thoyib Hadiwijaya pada hari Selasa (5/02/13) ini dihadiri 240 peserta yang terdiri dari dosen IPB, Universitas Lampung, Universitas Sumatera Utara, dll. Turut hadir dalam acara ini Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr dan Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Dr. Ir. Agus Purwito, MSc.Agr.

Kondisi resources bahan bakar fosil di Indonesia saat ini sudah mulai menipis, dan dibutuhkan sumber daya alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Itulah yang melatarbelakangi tema seminar pada hari ini. Seminar yang mengangkat komoditas Kelapa Sawit dan Sagu sebagai tema pokoknya ini berlangsung cukup hangat. Bertindak sebagai moderator Prof. Dr. Ir. Lilik Budi Prasetyo, MSc dan menghadirkan enam panelis yang mewakili tiap komoditas dan berbagai aspek usaha. Keenam panelis tersebut antara lain Prof. Dr. Ir. Kukuh Setiawan, MSc. Staf pengajar UNILA sekaligus breeder kelapa sawit di PT Asian Agri, Prof. Dr. Ir. Retno Widhiastuti, MS. Staf pengajar FMIPA USU, Ir. Dany C. Rukmana dari BRI, Dr. Ir. Dwi Asmono dari Sampoerna Agro, Dr. Ir. Titi Candra Sunarti, MS staf pengajar fakultas Teknologi Pertanian IPB dan Dr. Ir. Sudrajat, MS staf pengajar Fakultas Pertanian IPB. Seminar ini membahas Kelapa Sawit dan Sagu dari budidaya, segi lingkungan, dan prospek kedepannya. [teks: Izzah/foto: @bostio]

Document

Leave A Comment

Translate »