All for Joomla All for Webmasters

LISA Resmi Dirilis Dan Diuji Coba Di Karawang

8villages adalah suatu perusahaan penyedia jasa dalam bentuk mobile platform yang menghubungkan petani dengan komunitas pertanian (ahli pertanian). Sebagian besar penduduk di Indonesia, terutama di kawasan

 

pedesaan bermata pencaharian sebagai petani dan terkadang petani mengalami kesulitan untuk mengakses informasi pertanian. Saat ini media komunikasi yang mudah diperoleh berupa telepon seluler (ponsel). Oleh karena itu, di Indonesia, 8villages membuat platform yang dinamakan LISA atau Layanan Informasi Petani (www.lisa.co.id) yang berbasis SMS (Short Message System) melalui media ponsel.

Menyikapi hal tersebut, 8villages merasa perlu untuk bermitra dengan IPB yang merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang fokus terhadap bidang pertanian. Dalam hal ini, IPB dapat menjadi sumber informasi pertanian di Indonesia melalui tenaga-tenaga ahlinya di bidang pertanian. LISA diharapkan dapat menjadi salah satu media komunikasi antara ahli pertanian dengan petani di Indonesia. Melalui LISA, petani dapat bertanya langsung tentang permasalahan di pertanamannya, serta mendapatkan informasi pertanian melalui tips harian hanya dengan menggunakan ponsel.

Saat ini LISA mulai diujicobakan di dua kecamatan di Karawang, yaitu Jatisari dan Cilamaya. Peresmian LISA pada dua kecamatan tersebut telah dilakukan pada tanggal 27 Desember 2012 di Karawang. Peserta kegiatan ini adalah perwakilan petani dan penyuluh dari kecamatan Jatisari dan Cilamaya, sedangkan undangan di antaranya dari IPB, Kementrian Pertanian, Mercy Corps, Balai penyuluh kabupaten Karawang, dan Telkomsel. Dalam kegiatan ini, petani dapat mencoba bertanya mengenai masalah pertanian, sedangkan para ahli pertanian dari IPB dapat mencoba menjawab pertanyaan petani melalui LISA.

Document

Leave A Comment

Translate »