All for Joomla All for Webmasters

Fieldtrip Mahasiswa S2 Arsitektur Lanskap IPB

Jumat, 4 Januari 2013. 25 Mahasiswa program s2 Arsitektur Lanskap (ARL) melakukan fieldtrip ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemprov DKI Jakarta. Fieldtrip ini dilakukan dalam rangka kunjungan lapang pada mata kuliah Tanaman dan Sistem Ruang Terbuka Hijau. Kunjungan mahasiswa ini didampingi oleh Dr. Ir. Bambang Sulistyantara M.Agr selaku dosen Departemen Arsitektur Lanskap dan Ariev Budiman, SP selaku asisten mata kuliah. Tujuan adanya kegiatan Fieldtrip ini adalah untuk menyambungkan kembali silaturami antara IPB selaku institusi akademik negeri di bidang Arsitektur Lanskap dengan Pihak Dinas Pertamanan dan Pemakaman Pemprov DKI.

Harapannya, hubungan yang lebih erat akan tercipta melalui pertemuan ini dan pemahaman terhadap identifikasi dan pencarian solusi terhadap isu-isu terkait Ruang Terbuka Hijau. Kedatangan mahasiswa IPB disambut dengan baik oleh Bapak Temmy dan tim di kantor yang terletak di Jl. KS Tubun, Petamburan. Dalam kunjungan ini, para mahasiswa diwakili oleh 1 kelompok yang beranggotakan 5 orang mempresentasikan hasil studinya yang berjudul Identifikasi Ruang Terbuka Hijau di Jakarta. 3 mahasiswa yaitu Priambudi, Azka, san Ray memaparkan hasil kajiannya yang diperoleh melalui tinjauan pustaka dan analisis dari data yang menggunakan google earth.

Azka memaparkan tentang pembagian RTH yang didasari oleh kepemilikan dan bentuk fisilnya, pemaparan dilanjutkan oleh Priambudi mengenai pemberian rekomendasi untuk total luas RTH yang sebaiknya perlu dibangun di kota Jakarta. Terakhir, Ray menyampaikan tentang rekomendasi terhadap tanaman-tanaman yang cocok ditanaman di RTH Kota Jakarta. Setelah presentasi, sesi dilanjutkan dengan diskusi antara mahasiswa, pihak dinas pertamanan, dan dosen. Diskusi ini telah menghasilkan beberapa simpulan memgenai kondisi real yang terjadi di kota Jakarta terhadap pemenuhan RTH kota, masukan terhadap hasil kajian yang dilakulan oleh mahasiswa, serta usulan-usulan dari pihak dinas yang dapat dilakukan oleh mahasiswa sebagai penelitian.

Setelah mengunjungi kantor dinas, acara dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke Taman Suropati dan Taman Menteng bersama pak Fajar. [Nisa] 

Document

Leave A Comment

Translate »