All for Joomla All for Webmasters

Forum Diskusi

Diskusi Bulanan Fakultas Pertanian (Faperta), Institut Pertanian Bogor (IPB) yang selanjutnya diberi nama forum diskusi “SUARA DARMAGA”, merupakan diskusi yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan oleh Faperta, IPB dalam rangka menggali dan sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran-pemikiran yang cerdas, kretaif, inovatif dan solutif dalam merespon permasalahan dan isu-isu strategis yang terus berkembang secara dinamis di dalam pembangunan pertanian dan perdesaan dalam arti luas. Hal ini sejalan dengan visi IPB, yaitu ‘‘Menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan”. Diskusi ini melibatkan civitas akademika lingkup Faperta dan IPB serta berbagai pihak terkait, sperti pemerintah/birokrat, peneliti, pengusaha, konsultan, LSM, dan masyarakat luas.

      Hasil-hasil rumusan diskusi ini nantinya akan disebarluaskan kepada pihak-pihak (stakeholders) yang membutuhkan baik untuk kalangan akademis/perguruan tinggi, pemerintah/birokrat, peneliti, konsultan, LSM, dan masyarakat luas melalui media massa baik cetak maupun electronic. Hasil rumusan diskusi ini nantinya akan dikemas baik dalam bentuk buku, jurnal, artikel, atau tulisan-tulisan lepas lainnya. Forum diskusi ini diharapkan dapat menjadi media penghubung yang efektif dan efisien antara perguruan tinggi dalam hal ini IPB melalui Faperta dengan masyarakat di luar kampus dalam upaya mewujudkan pembangunan pertanian dan perdesaan yang mampu meningkatkan daya saing; ketahanan pangan; keberdayaan, kemandirian, dan kesejahteraan petani dan masyarakat Indonesia pada umumnya; serta kedaulatan sebagai sebuah bangsa yang merdeka (berdaulat di negeri sendiri).

      Perumus dan redaktur Suara Darmaga yang secara rutin menjadi pantia tetap diskusi bulanan, yakni melakukan persiapan, pelaksanaan hingga publikasi hasil diskusi terdiri dari Andrea Emma Pravitasari, Jumadi dan Bonjok Istiaji.


Bogor, 26 Oktober 2011

 

Tim Pengelola
Forum Diskusi ”SUARA DARMAGA”

Leave A Comment

Translate »